Kuisioner Persepsi Dosen

Survey Kepuasan/Persepsi Dosen Terhadap Layanan Institusi Tahun 2022

Kegiatan pengisian kuisioner ini bertujuan untuk mengukur kepuasan dosen sebagai pengguna atas pelayanan institusi. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini adalah sebagai umpan balik bagi institusi atas layanan yang diberikan.

Untuk tingkat kepuasan dosen terhadap layanan institusi diukur melalui beberapa kriteria seperti berikut ini.

  1. Pengembangan karier/jabatanPeningkatan kompetensi
  2. Peningkatan kompetensi
  3. Penelitian dan karya ilmiah
  4. Pengabdian kepada masyarakat
  5. Tugas tambahan
  6. Kebutuhan kesejahteraan
  7. Kebutuhan kesehatan dan kebugaran

Adapun kategori penilaian adalah:

1,00 – 1,99 Sangat Tidak Puas

2,00 – 2,99 Tidak Puas

3,00 – 3,99 Cukup

4,00 – 4,99 Puas

5,00 Sangat Puas

Survey Kepuasan/Persepsi Dosen Terhadap Layanan Institusi Tahun 2022

Link survey kepuasan dosen terhadap layanan institusi : https://bit.ly/3WwEN1Q

Strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dilakukan dengan analisis kepentingan-kinerja (ImportancePerformance Analysis) pada variabel-variabel tertentu. Analisis ini dilakukan dengan cara mengelompokkan skor variabel penilaian pada kuadran-kuadran grafik kartesian seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini.


Pada kuadran A berisi keadaan yang dipersepsikan penting oleh dosen, namun belum dirasakan dosen (High Importance - Low Performance). Tingkat kepentingan yang tinggi menunjukkan bahwa harapan dosen yang tinggi terhadap variabel penilaian. Variabel/atribut penilaian yang termasuk dalam kuadran ini menjadi perhatian penting bagi institusi. Dengan demikian semua variabel dalam kuadran A harus diupayakan diperbaiki seoptimal mungkin (Concentrate Here). Adapun variabel yang masuk dalam kuadran A adalah:
- Atribut pengembangan karier/jabatan dalam hal layanan tentang jenjang karir.
- Atribut peningkatan kompetensi dalam hal pengembangan diri untuk mengikuti magang.
- Atribut penelitian dan karya ilmiah dalam hal kesempatan bimbingan penyusunan proposal penelitian.
- Atribut pengabdian kepada masyarakat dalam hal kesempatan bimbingan penyusunan proposal pengabdian.
- Atribut kebutuhan kesehatan dan kebugaran dalam hal layanan peningkatan kebugaran jasmani melalui sarana prasarana olah raga.

Link analisa persepsi dosen terhadap layanan institusi dapat dilihat pada : Analisa Kepuasan Dosen 2022