Survey Persepsi Dosen

Survey Persepsi Dosen Terhadap Layanan Institusi

Kegiatan pengisian kuisioner ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dosen terhadap layanan institusi. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini adalah sebagai umpan balik bagi institusi atas layanan yang diberikan.

Persepsi dosen diukur melalui beberapa dimensi seperti berikut ini.

  1. Pengembangan karier/jabatanPeningkatan kompetensi
  2. Peningkatan kompetensi
  3. Penelitian dan karya ilmiah
  4. Pengabdian kepada masyarakat
  5. Tugas tambahan
  6. Kebutuhan kesejahteraan
  7. Kebutuhan kesehatan dan kebugaran

Adapun kategori persepsi penilaian diukur dengan tingkat kepentingan dan kepuasan dengan batasan sebagai berikut:

1,00 – 1,99 Sangat Tidak Penting/Tidak Puas

2,00 – 2,99 Tidak Penting/Puas

3,00 – 3,99 Cukup Penting/Puas

4,00 – 4,99 Penting/Puas

5,00 Sangat Penting/Puas

Strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dilakukan dengan analisis kepentingan-kinerja (ImportancePerformance Analysis) pada variabel-variabel tertentu. Analisis ini dilakukan dengan cara mengelompokkan skor variabel penilaian pada kuadran-kuadran grafik kartesian.

Survey Persepsi Dosen Terhadap Layanan Institusi Tahun 2024

Secara keseluruhan, partisipasi dosen dalam survei ini menunjukkan kesediaan para dosen untuk terlibat dalam proses evaluasi dan perbaikan yang berkelanjutan. Hal ini mencerminkan komitmen Polman Babel dan para dosennya dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan responsif terhadap kebutuhan serta masukan dari semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan. Adapun responden pada survey persepsi dosen Tahun 2024 ditunjukkan dalam grafik di bawah ini.

Skor variabel penilaian ditunjukkan pada gambar berikut ini.

Concentrate here: mendapatkan informasi tentang jenjang karir, mendapatkan layanan tentang jabatan, mendapatkan layanan tentang jenjang karir, pengembangan diri mengikuti magang, dan memperoleh layanan peningkatan kebugaran jasmani melalui sarana prasarana olah raga.

Low priority: kesempatan untuk mengikuti studi banding dalam negeri, kesempatan untuk mengikuti studi banding luar negeri, mendapatkan tugas tambahan memberikan training di luar kampus, dan memperoleh informasi tentang berbagai fasilitas kesejahteraan (seperti: kendaraan, dll).

Keep up the good work: mendapatkan informasi tentang jabatan, memberian ijin untuk mengikuti pelatihan luar negeri, memperoleh kesempatan bimbingan penyusunan proposal penelitian nasional, memperoleh kesempatan bimbingan penyusunan proposal PkM nasional, dan memperoleh pemerataan dalam mendapatkan tugas tambahan.

Possible over kill: kesempatan untuk mewakili menjadi utusan badan normatif ditingkat institusi.

 

Tabel perbandingan indeks persepsi dosen Tahun 2022 vs Tahun 2024 ditunjukkan pada tabel berikut ini.

Indeks 1 = Perlu dan penting dilakukan peningkatan.

Indeks 2 = Perlu peningkatan namun bukan prioritas utama.

Indeks 3 = Layanan memuaskan.

Indeks 4 = Layanan berlebihan.

Detail informasi disampaikan dalam laporan persepsi dosen Tahun 2024.

Survey Kepuasan/Persepsi Dosen Terhadap Layanan Institusi Tahun 2022

Link survey kepuasan dosen terhadap layanan institusi : https://bit.ly/3WwEN1Q

Skor variabel penilaian disebar pada kuadran-kuadran grafik kartesian pada survey Tahun 2022 ditunjukkan pada gambar berikut ini.


Pada kuadran A berisi keadaan yang dipersepsikan penting oleh dosen, namun belum dirasakan dosen (High Importance - Low Performance). Tingkat kepentingan yang tinggi menunjukkan bahwa harapan dosen yang tinggi terhadap variabel penilaian. Variabel/atribut penilaian yang termasuk dalam kuadran ini menjadi perhatian penting bagi institusi. Dengan demikian semua variabel dalam kuadran A harus diupayakan diperbaiki seoptimal mungkin (Concentrate Here). Adapun variabel yang masuk dalam kuadran A adalah:
- Atribut pengembangan karier/jabatan dalam hal layanan tentang jenjang karir.
- Atribut peningkatan kompetensi dalam hal pengembangan diri untuk mengikuti magang.
- Atribut penelitian dan karya ilmiah dalam hal kesempatan bimbingan penyusunan proposal penelitian.
- Atribut pengabdian kepada masyarakat dalam hal kesempatan bimbingan penyusunan proposal pengabdian.
- Atribut kebutuhan kesehatan dan kebugaran dalam hal layanan peningkatan kebugaran jasmani melalui sarana prasarana olah raga.

Link analisa persepsi dosen terhadap layanan institusi dapat dilihat pada : Analisa Kepuasan Dosen 2022