Peningkatan Kompetensi Anggota Tim SPMI dalam Monitoring dan Evaluasi SPMI

Peningkatan Kompetensi Anggota Tim SPMI dalam Monitoring dan Evaluasi SPMI

Monitoring merupakan penilaian yang dilakukan saat kegiatan masih berjalan (on process), sedangkan evaluasi adalah penilaian terhadap proses yang telah selesai dilakukan (end process). Dengan demikian monitoring dan evaluasi merupakan dua kegiatan yang berbeda namun beririsan. Namun demikian keduanya merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Terdapat 3 tujuan monitoring dan evaluasi (monev), yang pertama adalah memastikan standar dalam SPMI (standar dikti) telah dilaksanakan sebagaimana telah ditetapkan, kedua mengantisipasi dan atau mengoreksi kekeliruan atau kekurangan dalam pelaksanaan standar dalam SPMI yang berpotensi menggagalkan pencapaian isi standar dalam SPMI tersebut, dan ketiga adalah jika ditemukan kekeliruan atau kekurangan maka segera dapat diperbaiki.

Sebagai upaya peningkatan kemampuan dalam pengelolaan SPMI di Polman Babel, 2 orang anggota Tim SPMI Polman Babel yakni Ibu Novitasari, M.Pd dan Ibu Elisa Mayang Sari, M.Pd telah mengikuti Workshop Monitoring dan Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal selama 3 hari yang dimulai Tanggal 5-7 Februari 2024. Adapun tempat pelaksanaan workshop di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam workshop tersebut dibahas mengenai urgensi evaluasi SPMI Perguruan Tinggi, Perencanaan Program Kerja, Perancangan instrumen monitoring dan evaluasi, integrasi pelaksanaan monitoring dan evaluasi dalam siklus SPMI PT, manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), analisis data hasil monitoring, analisis data hasil evaluasi, penyusunan laporan monitoring, penyusunan laporan evaluasi, dan tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi.

  

 

Dalam workshop tersebut peserta melakukan evaluasi terhadap input, proses, keluaran (output), dan hasil (outcome) dari pelaksanaan setiap standar Dikti dalam SPMI. Peserta juga mempraktikkan pembuatan instrumen monev seperti membuat pertanyaan dalam monitoring maupun pertanyaan dalam evaluasi. Seperti yang diketahui bahwa Pertanyaan yang ditanyakan dalam monitoring dan evaluasi berbeda. Pertanyaan monitoring mengarah ke apakah output mengarah pada outcome, apakah manfaat kegiatan, apakah output sudah sesuai, apakah sesuai dengan jadwal dan anggaran, apakah mendapat dukungan anggaran, SDM, sarpras, dan apakah praktik baik yang sudah dilakukan. Sedangkan pertanyaan kegiatan evaluasi dikaitkan pada empat hal, antara lain dampak jangka panjang, efektifitas, relevansi, dan efisiensi. Evaluasi pelaksanaan standar dalam SPMI menghasilkan empat kemungkinan kesimpulan, yaitu apakah pelaksanaan standar dalam SPMI melampaui, mencapai, belum mencapai, atau menyimpang dari standar yang telah ditetapkan.